MKDU4110 - BAHASA INDONESIA
RANGKUMAN
MODUL 8
Teknik Membaca Puisi
Kegiatan Belajar 1
Pendekatan Utama dalam Memahami Unsur - unsur yang Membangun Puisi
Menurut Tzvetan Todorov's 3 hal yang muncul dalam kegiatan membaca sastra :
- Proyeksi, yaitu kegiatan untuk memahami unsur - unsur di luar teks yang secara bersama - sama mendukung atau mempengaruhi kehadiran teks.
- Komentar, yaitu kegiatan memahami isi (bagian teks yang belum dimengerti),dan
- Puitika, yakni kegiatan untuk memahami kaidah - kaidah abstrak yang secara intrinsik terdapat dalam teks sastra itu sendiri.
Enam pendekatan utama yang dapat diterapkan untuk mengapresiasi puisi adalah pendekatan :
- Historis
- Sosiopsikologis
- Emotif
- Didaktik
- Parafrastik, dan
- Analitik
Pendekatan yang dapat digunakan untuk menganalisis unsur -
unsur yang membangun sebuah puisi adalah pendekatan analisis. Dalam
penerapannya, penelaah menyingkapi puisi sebagai suatu realitas yang
memiliki keunikan yang berbeda dengan teks bacaan yang lain. Penelaah
menyikapi puisi sebagai suatu kesatuan yang dibentuk oleh unsur - unsur
tertentu. Setiap unsur intrinsik dapat dianalisis sebagai sesuatu yang
terpisah mskipun pada akhirnya kegiatan itu akan menggiring penganalisis
pada suatu kesimpulan yang mendukung suatu gagasan. Pendekatan ini
menitikberatkan pada analisis unsur literal dan dilaksanakan berdasarkan
landasan teori tertentu.
Dalam penulisan puisi bahasa berperan untuk menyampaikan
gagasan pikiran, perasaan, menimbulkan kesan, dan memberi efek
keindahan. Kemampuan penyair dalam memilih dan menata bahasa sebagai
sarana ekspresi tidak dapat dipisahkan dari upaya penyair untuk
membangun gagasan atau makna yang ingin diungkapkan. Unsur - unsur
bahasa (lapis bentuk) berwujud : bunyi, kata, larik atau baris, bait,
dan tipografi. Pada sisi yang lain, lapis makna menurut I.A. Richards,
seperti dikutip Aminuddin (1987 : 149) menyebutkan bahwa lapis makna
terdiri atas :
- Gambaran umum isi puisi ( sense ).
- Gagasan pokok ( subject matter ).
- Sikap ( perasaan ) penyair ( feeling ).
- Nada ( tone ), totalitas makna ( total of meaning ), dan
- Tema ( theme ).
Tes Formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Gagasan utama yang dikembangkan Taufik Ismail dalam puisi Pangeran Diponegoro, Magelang, 28 Maret, 1830, diperoleh dari ..... A
- peristiwa sejarah yang terekam dalam lukisan Raden Saleh
- riwayat hidup Pangeran Diponegoro yang terekam dalam lukisan
- perang kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Belanda
2. Pendekatan yang paling tepat untuk menganalisis unsur kesejahteraan dan kondisi psikologis masyarakat dalam teks puisi di atas adalah ..... C
- pendekatan dedaktis
- pendekatan historis
- pendekatan sosiopsikologis
3. Pada puisi di atas, Pangeran Diponegoro digambarkan oleh penyair sebagai sosok pejuang yang memiliki karakter ..... D
- taat dalam menjalankan agama
- gigih dalam berjuang
- ikhlas dalam berjuang
4. Apabila dianalisis dengan pendekatan didaktis, nilai - nilai pendidikan yang disampaikan oleh penyair dalam puisi di atas adalah ..... D
- Pangeran Diponegoro adalah sosok pejuang yang memiliki jiwa yang bersahaja dan ikhlas.
- Pangeran Diponegoro rela meninggalkan kehidupan pribadi dan keluarga kerajaan yang berkecukupan untuk berjuang melawan penjajah Belanda.
- sejarah akan mencatat dengan tinta emas keikhlasan perjuangan Pangeran Diponegoro untuk membela tanah air.
5. Pendekatan yang dapat digunakan untuk menganalisis makna paparan dan unsur - unsur dalam puisi adalah ..... B
- pendekatan parafrastis
- pendekatan emotif
- pendekatan analitik
1. Jenderal Sudirman
2. para gerilyawan ( pasukan Jenderal Sudirman )
3. para pejuang kemerdekaan Indonesia
7. Sikap penyair dalam puisi di atas adalah ..... A
- Sangat mencintai tanah airnya
- Rela berkorban jiwa - raga untuk membela tanah airnya
- Sangat mengharap Jenderal Sudirman segera meneruskan perang gerilya
8. Makna judul Lagu Daripada Pasukan Terakhir jika dihubungkan dengan isi puisi adalah ..... D
- Kegalauan hati seorang pejuang ketika merasakan kebimbangan hati Jenderal Sudirman ketika akan meneruskan perang gerilya.
- Kepedihan hati seseorang pejuang di tengah - tengah kancah peperangan melawan musuh yang sangat kuat.
- Harapan seorang pejuang agar Jenderal Sudirman segera memutuskan untuk kembali berperang mengusir penjajah.
9. Baris - baris yang menunjukkan kesan perasaan bimbang pada Jenderal Sudirman yang ditangkap oleh seorang prajurit adalah ..... D
- Bimbang telah datang pada nyala / langit tergantung suram
- Kata - kata berantakan pada arti sendiri
- Bimbang telah datang pada nyala / dan cinta tanah air akan berupa / peluru dalam darah / serta nilai yang bertebaran sepanjang masa / bertanya akan kesudahan ujian / mati atau tiada mati - matinya.
10. Sikap penyair terhadap pembaca pada puisi di atas, yakni ..... B
- Membiarkan pembaca memahami sendiri paparan peristiwa dalam puisi.
- Mengajak pembaca untuk merenungkan kepedihan yang dialami pejuang.
- Membiarkan pembaca merasakan kebimbangan yang dialami pejuang.
Kegiatan Belajar 2
Persiapan Membaca Puisi dan Pelatihan Membaca Puisi
Kegiatan paling awal dalam membaca puisi adalah memilih puisi
yang akan dibacakan. Puisi yang akan dibacakan seharusnya mengandung
nilai - nilai kesastraan yang tinggi, dengan ciri - ciri :
- mengandung totalitas sajak
- memiliki kejelasan dan kekuatan ide
- pokok persoalan, dan
- tema
Dan penyair memiliki kekhasan dalam hal ekspresi penyampaian.
Pertimbangan pokok dalam memilih puisi adalah mempertimbangkan
potensi puisi jika dibacakan. Pada tahap ini kita mempertimbangkan
apakah larik - larik yang tertulis dalam sajak tersebut jika dibacakan
memiliki potensi satuan - satuan bunyi yang oratoris. Hal lain yang
perlu kita pertimbangkan dalam persiapan pembacaan puisi adalah tujuan
karena tujuan pembacaan menjadi dasar pertimbangan dalam pemilihan
jenis, tema, bentuk, bahasa dari puisi yang akan kita baca.
Faktor - faktor yang dipertimbangkan dalam pembacaan puisi jika
ditinjau dari segi penonton meliputi umur, tingkat pendidikan, latar
belakang keyakinan dan kultural, pekerjaan, dan sebagainya.
Hal - hal yang harus dikuasai seseorang agar menjadi pembaca
puisi yang berhasil meliputi pengetahuan yang luas tentang hidup,
manusia, dan problema kemanusiaan, kekayaan pengalaman yang berkaitan
dengan seluk - beluk kehidupan, kekayaan pengalaman yang berkaitan
dengan seluk - beluk kehidupan baik yang diperoleh secara langsung
maupun pengamatan secara cermat, sikap yang baik terhadap puisi, dan
pengetahuan serta pengalaman apresiasi yang luas.
Puisi yang dipilih sebagai bahan pembacaan puisi adalah puisi
yang auditoris dan kontemplatif. Artinya, puisi yang mengandung
komposisi bunyi yang harmonis sehingga dapat dibacakan dengan jelas dan
menimbulkan efek bunyi yang indah dan puisi yang memiliki daya untuk
mengajak pembaca dan penonton merenungkan nilai kehidupan yang penting,
benar, dan tengah dirindukan oleh masyarakat. Manfaat latihan suara,
yakni menyiapkan seorang calon pembaca puisi agar memiliki kualitas
suara yang memadai ( fasih, lancar, lantang, merdu ) dan mengandung muatan
fungsi motif, emosi, dan imajinasi. Aspek - aspek yang dinilai dalam
pembacaan puisi, antara lain pemahaman isi teks, kualitas suara dan
teknik pembacaan, ekspresi wajah dan gerak penyerta, serta kreativitas
penampilan ( gaya ).
BERIKUTNYA :
- Modul 9 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia
BERIKUTNYA :
- Modul 9 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia