Thursday, September 7, 2017

Modul 6 : MKDU4221 - Pendidikan Agama Islam

Modul 6 : MKDU4221 - Pendidikan Agama Islam

MKDU4221 - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



RANGKUMAN

MODUL 6

Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni



Kegiatan Belajar 1

Iman, Ipteks, dan Amal sebagai Kesatuan

          Iman menurut arti bahasa adalah membenarkan dalam hati dengan mengandung ilmu bagi orang yang membenarkan itu. Sedangkan pengertian iman menurut syari'at adalah membenarkan dan mengetahui adanya Allah dan sifat - sifat-Nya disertai melaksanakan segala yang diwajibkan dan disunahkan serta menjauhi segala larangan.
         Para sarjana muslim berpandangan bahwa yang disebut ilmu itu tidak hanya terbatas pada pengetahuan (knowledge) dan ilmu (science) saja, melainkan ilmu oleh Allah dirumuskan dalam tauhid mahfud : yang disampaikan kepada kita melalui Al-Qur'an dan As-Sunnah. Ilmu Allah itu melingkupi ilmu manusia tentang alam semesta dan manusia sendiri. Jadi bila diikuti jalan pikiran ini, maka dapatlah kita pahami, bahwa Al-Qur'an itu merupakan sumber pengetahuan dan ilmu pengetahuan manusia (knowledge and science). 
          Seandainya penggunaan satu hasil teknologi telah melalaikan seseorang dari zikir dan tafakur serta mengantarkannya kepada keruntuhan nilai - nilai kemanusiaan maka ketika itu bukan hasil teknologinya yang mesti ditolak, melainkan kita harus memperingatkan dan mengarahkan manusia yang menggunakan teknologi itu. Jika hasil teknologi sejak semula diduga dapat mengalihkan manusia dari jati diri dan tujuan penciptaan sejak dini pula kehadirannya ditolak oleh islam. Karena itu menjadi suatu persoalan besar bagi martabat manusia mengenai cara memadukan kemampuan mekanik demi penciptaan teknologi dengan pemeliharaan nilai - nilai fitrahnya.
         Kesenian islam tidak harus berbicara tentang islam. Ia tidak haus berupa nasihat langsung, atau anjuran berbuat kebajikan, bukan juga penampilan abstrak tentang akidah. Seni yang islami adalah seni yang dapat menggambarkan wujud ini dengan bahasa yang indah serta sesuai dengan cetusan fitrah. Seni islam adalah ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi pandangan islam tentang alam, hidup, dan manusia yang mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan (Manhaj Al-Tarbiyah Al-Islamiyah, 119).
          Ada 4 hal pandangan islam dalam etos kerja yaitu : Niat (komitmen) sebagai dasar nilai kerja, konsep ihsan dalam bekerja, bekerja sebagai bentuk keberadaan manusia, dan orang mukmin yang kuat lebih disukai.  



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Meyakini dengan hati dan mengucapkan dengan lisan serta melakukan dengan perbuatan dengan anggota tubuh adalah merupakan pengertian dari .....
A. Islam
B. Ihsan
C. Iman
D. Amal  

2. Jika iman didefinisikan dengan pendirian yang diwujudkan dalam bentuk bahasa dan perilaku, maka istilah iman identik dengan .....
A. kepribadian manusia seutuhnya, pendirian yang konsisten, dan memiliki kecerdasan, kemauan dan keterampilan
B. kepribadian manusia yang memiliki kecerdasan, kemauan dan keterampilan
C. kepribadian manusia yang memiliki kecerdasan
D. kepribadian manusia dan memiliki kecerdasan 

3. Para sarjana muslim berpandangan bahwa yang disebut ilmu itu tidak hanya terbatas pada pengetahuan ( knowledge ) dan ilmu ( science ) saja, melainkan ilmu oleh Allah dirumuskan dalam " lauhil mahfudz " yang disampaikan kepada kita melalui Al-quran dan As-Sunnah. Hal ini tercantum dalam Al-quran .....
A. Surat AlBuruj 21-22
B. Surat Al-Baqarah 21-22
C. Surat Al-Maidah 21-22
D. Surat Al-Haj 21-22

4. Selain manusia didorong untuk mencari dan menggunakan ilmu, juga dia diwajibkan untuk menyebarluaskan ilmu, hal ini terdapat dalam Al-quran surat .....
A. At-Taubah 122
B. Al-Baqarah 122
C. Al-Maidah 122
D. Ali-imran 122

5. Menurut sebagian ulama, yang berbicara tentang alam materi dan fenomenanya, dan yang memerintahkan manusia untuk mengetahui dan memanfaatkan alam ini sebanyak .....
A. 750 ayat Al-quran
B. 700 ayat Al-quran
C. 650 ayat Al-quran
D. 600 ayat Al-quran  

6. Kata sakhkhara dalam Al-quran yang berkaitan dengan penjelasan fenomena alam, diartikan dengan padanan kata .....
A. menjelaskan
B. menundukkan
C. memberikan
D. mengingatkan

7. Menurut pandangan Islam ilmu mencakup .....
A. ilmu Allah yang disampaikan kepada manusia melalui Al-quran
B. pengetahuan dan ilmu
C. ilmu Allah yang disampaikan kepada manusia melalui Al-quran dan As-Sunnah
D. ilmu Allah yang disampaikan kepada manusia melalui Al-quran, As-Sunnah pengetahuan ( knowledge ), dan ilmu ( science )

8. Seni islam dijelaskan oleh Muhammad Quthb dalam Manhaj At-Tarbiyah Al-islamiyah adalah .....
A. ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi pandangan islam tentang alam, hidup, dan manusia yang mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan
B. ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi alam, hidup, dan manusia
C. ekspresi yang mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan
D. ekspresi menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan

9. Padanan kata amal dalam bahasa Indonesia adalah .....
A. berpikir
B. bekerja
C. beribadah
D. berzikir

10. Kata amal dalam Al-quran terdapat .....
A. 260 kata
B. 620 kata
C. 120 kata
D. 126 kata  



Kegiatan Belajar 2

Kewajiban Menuntut dan Mengamalkan Ilmu

          Pengertian yang kita petik dari ayat ini bahwasanya menuntut ilmu pengetahuan adalah suatu perintah (amar) sehingga dapat dikatakan suatu kewajiban. Harus kita sadari bahwa agama adalah merupakan pedoman bagi kebahagiaan dunia akhirat, sehingga ilmu yang tersimpul dalam agama tidak semata ilmu yang menjurus kepada urusan ukhrawi, tetapi juga ilmu yang mengarah kepada duniawi.
         Manusia dituntut untuk menuntut ilmu, dan hukumnya wajib. Jika tidak menuntut ilmu berdosa. Selain hukum tersebut menuntut ilmu bermanfaat untuk mencapai kecerdasan atau disebut ulama (orang yang memiliki ilmu). Namun di balik itu, orang yang memiliki ilmu (ilmuwan) akan berdosa jika ilmunya tidak diamalkan. Dalam Al-Qur'an terdapat 620 kata amal.
         Dalam kaitannya dengan orang yang beriman harus didasarkan pada pengetahuan (al-ilm) dan direalisasikan dalam karya nyata yang bermanfaat bagi kesejahteraan dunia dan akhirat, tentunya amal yang dibenarkan oleh ajaran agama (amal saleh).



Kegiatan Belajar 3

Tanggung Jawab Ilmuwan dan Seniman         

           Tanggung jawab adalah sebagai perbuatan (hal dan sebagainya) bertanggung jawab atau sesuatu yang dipertanggungjawabkan. Istilah tanggung jawab dalam bahasa Inggris disebut responsibility atau dikenal dengan istilah populer accountability, dalam bahasa agama disebut hisab (perhitungan).
          Penjelasan Al-Qur'an yang berkaitan dengan tuntutan tanggung jawab yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan bahwa semua anggota badan yang meliputi indra pendengaran, penglihatan dan hati harus dipertanggungjawabkan. Seni adalah keindahan yang merupakan ekspresi ruh dan budaya manusia yang mengandung dan mengungkapkan keindahan. Ia lahir dari sisi terdalam manusia didorong oleh kecenderungan seniman kepada yang indah, apa pun jenis keindahan itu. Dorongan tersebut merupakan nalurui manusia atau fitrah yang dianugerahkan Allah kepada hamba - hamba-Nya.
      Tanggung jawab ilmuwan dan seniman meliputi : 
  1. Nilai ibadah
  2. Berdasarkan kebenaran ilmiah
  3. Ilmu amaliah, dan
  4. Menyebar luaskan ilmunya


BERIKUTNYA :