Saturday, August 12, 2017

Modul 3 : MKDU4109 - Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Modul 3 : MKDU4109 - Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

MKDU4109 - ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR



RANGKUMAN

MODUL 3

Manusia dan Peradaban





Kegiatan Belajar 1

Peradaban 

          Manusia yang beradab berarti manusia yang mempunyai akhlak, kesopanan dan budi pekerti. Tolok ukur manusia yang beradab, berpedoman pada kebudayaan dari suatu peradaban dari suatu masyarakat. Setiap masyarakat dengan kebudayaannya serta peradabannya memiliki tolok ukur masing - masing tentang manusia dan masyarakat yang beradab. Peradaban adalah bagian suatu kebudayaan yang memiliki unsur unsur kebudayaan yang khas yaitu halus, indah, kompleks seperti dalam seni, sistem teknologi, ilmu pengetahuan yang maju dan kompleks dan lainnya. 
          Perubahan merupakan suatu proses yang dapat berjalan secara cepat ataupun lambat. Proses itu dapat terjadi pada hal apapun di muka bumi ini, termasuk pada setiap masyarakat dan kebudayaan di dunia. Selain itu, melalui proses yang berbeda - beda, seperti adanya evolusi, revolusi akan mengakibatkan hasil yang berbeda - beda pula pada setiap masyarakat di dunia ini. Proses tersebut dapat berupa suatu perubahan sosial, tetapi dapat pula merupakan proses perubahan kebudayaan. Seperti diketahui bahwa proses keduanya dapat berjalan bersamaan, tetapi biasanya berawal dari suatu perubahan sosial, yang kemudian dapat berlanjut atau tidak, dengan perubahan kebudayaan.
          Salah satu bentuk perubahan ialah evolusi yang merupakan suatu proses perubahan dan perkembangan yang berjalan secara lambat dari sesuatu yang sederhana menuju ke arah yang lebih kompleks, memakan waktu yang panjang dan biasanya melalui berbagai tahapan diferensiasi yang sambung menyambung. Evolusi universal, terjadi pula pada tiap kebudayaan dan masyarakat yang ada di dunia, di mana tokoh evolusionis Spencer melihat perkembangan masyarakat dan kebudayaan dari tiap bangsa di dunia ini telah atau akan melalui tingkatan - tingkatan evolusi yang sama. Dalam evolusi kebudayaan, maka peradaban merupakan tahapan tertinggi dari skala evolusi kebudayaan yang telah berjalan bertahap dan berkesinambungan yang memperlihatkan karakter yang khas pada tahap tersebut, yang dicirikan oleh kualitas tertentu dari unsur budaya yang menonjol, yang meliputi tingkat ilmu pengetahuan, seni, teknologi dan spiritual yang bersangkutan. Alvin Toffler menjelaskan bahwa evolusi kebudayaan terjadi dalam tiga gelombang dalam kehidupan umat manusia, yaitu :
  1. gelombang yang merupakantahap peradaban pertanian.
  2. gelombang yang merupakan tahap peradaban industri, dan
  3. gelombang yang merupakan tahap peradaban informasi. 
          Suatu peradaban akan mengalami keruntuhan, apabila gagal memunculkan kreativitas dalam menghadapi tantangan. Puncak keruntuhan terjadi bila adadisintegrasi peradaban, di mana kesatuan sosial pecah dan terjadi ketidakmampuan kebudayaan serta peradaban yang bersangkutan untuk memberi tanggapan kreatif pada tantangan zaman.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Adanya suatu peradaban biasanya ditandai oleh beberapa karakteristik tertentu, yaitu .....
A. adanya organisasi sosial yang kompleks, penguasaan teknologi dan apresiasi seni yang tinggi
B. munculnya kota - kota, dikenalnya sistem tulis menulis
C. munculnya industrialisasi
D. mulai dikenalnya sistem kenegaraan

2. Berikut ini pengertian dari evolusi yang paling tepat, yaitu .....
A. merupakan suatu proses perubahan yang bersifat cepat, sedang dan lambat
B. merupakan suatu proses perubahan yang dapat bersifat linear ataupun multilinear
C. gejala tidak dapat dipahami dan dijelaskan tanpa mengetahui asal muasalnya ( kejadian yang muncul sebelumnya yang berkaitan dengan sesuatu yang sudah ada )
D. hanya dialami oleh masyarakat sederhana

3. Unsur - unsur kebudayaan yang ada dalam suatu peradaban memiliki karakteristik .....
A. jumlahnya sepuluh unsur
B. setiap unsur kebudayaan memiliki kualitas dan karakter tertentu
C. hanya beberapa unsur kebudayaan yang memiliki kualitas dan karakter tertentu
D. yang menonjol adalah unsur religi 

4. Melihat sejarah, banyak peradaban besar yang pada akhirnya mengalami keruntuhan. Penyebab keruntuhan tersebut antara lain adalah ......
A. terjadi bencana alam
B. bila gagal memunculkan kreativitas dalam menghadapi tantangan
C. terjadi perebutan kekuasaan di antara kelompok - kelompok di masyarakat
D. pecahnya masyarakat dan terjadi ketidakmampuan untuk memberi tanggapan kreatif pada tantangan zaman

5. Toffler, Morgan dan Toynbee adalah beberapa pakar yang berbicara mengenai .....
A. evolusi kebudayaan dan peradaban
B. perubahan sosial dan perubahan kebudayaan
C. proses evolusi kebudayaan
D. peradaban


Kegiatan Belajar 2

Manusia dan Peradaban

          Manusia yang beradab berarti manusia yang mempunyai akhlak, kesopanan dan budi pekerti. Ketiga elemen ini hadir, ketika seorang individu manusia baru lahir atau dengan kata lain bahwa ketiga elemen tersebut tidak terlahirkan bersama - sama dengan bayi manusia. Tetapi ketiga elemen ini merupakan bagian dari sistem nilai, norma dan aturan, atau dengan kata lain bagian dari suatu kebudayaan yang dipelajari oleh warga pemilik kebudayaan. Jadi, manusia yang beradab hampir sama sebangun dengan konsep manusia yang berbudaya. 
          Sedangkan masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Dengan demikian, elemen yang penting untuk membentuk suatu masyarakat antara lain adalah kumpulan individu - individu manusia, interaksi sosial, sistem norma yang berkelanjutan, serta adanya identitas sosial. Dengan demikian, masyarakat beradab merupakan manusia - manusia yang mempunyai tiga elemen di atas tersebut, yang mana elemen - elemen tersebut ada di dalam sistem norma yang ada di masyarakat.
          Perubahan sosialdan kebudayaan terjadi, dan salah satunya dalam bentuk proses modernisasi. Modernisasi merupakan usaha sesuai dengan zaman konstelasi hidup yang berlangsung sekarang atau kehidupan aktual, bahkan antisipasi terhadap perkembangan serta arus kemajuan yang terus berlangsung. Usaha tersebut bukan suatu kinerja yang spontan, tanpa kemampuan dan tidak bermutu, melainkan merupakan suatu penampilan yang penuh keyakinan dan percaya diri akan kemajuan dan pembaruan yang wajib dilakukan. Kemudian, dalam teori modernisasi, suatu negara terbelakang akan menempuh jalan sama dengan negara industri maju di Barat, sehingga kemudian akan menjadi negara berkembang melalui proses modernisasi. Proses transisi dari keadaan yang tradisional ke modernitas melalui beberapa proses, yaitu antara lain proses revolusi demografi, terbukanya sistem stratifikasi, ada peralihan dari struktur feodal ke birokrasi, menurunnya pengaruh agama, beralihnya fungsi pendidikan dari keluarga dan komunitas ke sistem pendidikan yang formal, munculnya kebudayaan massa dan munculnya perekonomian pasar serta industrialisasi.
          Sedangkan untuk globalisasi dijelaskan sebagai arus informasi dan komunikasi tanpa batas terhadap kehidupan masyarakat di dunia. Arus informasi yang berkembang cepat menumbuhkan cakrawala pandangan manusia yang semakin terbuka menembus batas daratan, perairan dan udara di bumi ini. Selain itu, globalisasi dapat dilihat sebagai proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia yang ditandai oleh adanya kesenjangan besar antara kekayaan dan tingkat hidup masyarakat - masyarakat industri dan masyarakat - masyarakat Dunia Ketiga. Globalisasi berlangsung pada tiga bidang kehidupan, yaitu perekonomian, politik dan budaya. 



Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Pengertian dari masyarakat adab yang paling benar adalah .....
A. masyarakat yang memiliki beberapa unsur kebudayaan yang bersifat halus, kompleks dan memiliki kemampuan yang tinggi antara lain dalam hal teknologi dan lainnya.
B. manusia yang beradab
C. manusia yang berbudaya
D. masyarakat yang mempunyai falsafah hidup yang dinamis seirama dengan perubahan sosial budaya yang ada

2. Modernisasi diartikan sebagai .....
A. perubahan sosial yang terarah serta didasarkan atas perencanaan.
B. proses untuk mengubah masyarakat ke arah kehidupan kontemporer, yang lebih maju dalam derajat kehormatan tertentu.
C. usaha sesuai dengan zaman konstelasi hidup yang berlangsung sekarang atau kehidupan aktual, bahkan antisipasi terhadap perkembangan serta arus kemajuan yang terus berlangsung.
D. suatu usaha untuk meniru gaya dan cara hidup orang Barat. 

3. Berikut ini merupakan karakteristik globalisasi, kecuali .....
A. saling tergantungnya masyarakat dunia
B. terjadi di bidang politik, ekonomi dan budaya
C. berpengaruh terhadap pola hidup masyarakat
D. ditandai oleh perubahan yang bersifat linear dan multilinear

4. Transisi dari keadaan yang tradisional ke modern melalui hal - hal berikut ini, kecuali .....
A. revolusi demografi dan terbukanya sistem stratifikasi
B. munculnya kebudayaan massa, perekonomian pasar dan industrialisasi
C. kolonisasi negara maju kepada negara terbelakang
D. proses modernisasi

5. Azyumardi Azra melihat munculnya kultur hybrid yang tidak terelakan. Berikut ini adalah karakteristik dari kultur hybrid, kecuali .....
A. dominasi budaya luar
B. mengakibatkan krisis budaya nasional dan lokal yang lebih jauh.
C. menjadikan suatu bangsa menjadi bangsa yang modern
D. mengakibatkan lenyapnya identitas kultural nasional dan lokal


BERIKUTNYA :

- Modul 4 : MKDU4109 - Ilmu Sosial dan Budaya Dasar