Tuesday, August 29, 2017

MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan

MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan

MKDU4111 - PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN



MODUL 1

Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan





Kegiatan Belajar 1

Negara, Bangsa, dan Masyarakat Indonesia

          Negara ialah tatanan dari rakyat, wilayah yang dimiliki dan dikuasai oleh pemerintahan yang sah dan berdaulat. Negara mempunyai kewenangan yang istimewa : membentuk angkatan bersenjata, lembaga peradilan, pemerintahan, parlemen, mencetak uang, menggunakan kekerasan di wilayah kedaulatannya. Pemerintah merupakan salah satu unsur aparatur negara, sebagai kelompok sosial pada periode terbatas mendapat kesempatan memegang pucuk pimpinan eksekutif. Konsep negara dan teori asal ususl negara didefinisikan beragam menurut para pakar. Hal ini tergantung dari sudut pandang mereka. Berdirinya suatu negara, harus memiliki syarat - syarat, yaitu adanya pemerintahan yang berdaulat, wilayah, warga negara, dan pengakuan pihak lain.
          Bangsa adalah suatu kesatuan solidaritas, satu jiwa, dan satu asas spiritual yang tercipta oleh pengorbanan masa lalu demi masa depan generasi penerusnya. Faktor yang mempersatukan kelompok - kelompok masyarakat Indonesia sebagai bangsa ialah kesamaan latar belakang sejarah, tekad untuk hidup bersama guna mencapai cita - cita masa depan yang lebih baik (masyarakat adil dan makmur aman sentosa). Negara dan bangsa tidak sama, terdapat pemisahan bahkan dapat terjadi permusuhan. Masyarakat adalah keseluruhan kompleks hubungan individu yang luas dan terpola dalam lingkup yang besar (negara) atau kecil dalam suatu suku bangsa atau kelompok sosial lainnya. Masyarakat warga negara (civil society) atau masyarakat madani bukan berarti masyarakat sipil. Civil society adalah wilayah atau ruang publik yang bebas, di mana individu, warga negara melakukan kegiatan secara merdeka menyatakan pendapat, berserikat dan berkumpul. Dengan kata lain, civil society dapat kita pahami sebagai suatu tatanan kehidupan yang menginginkan kesejajaran hubungan antara warga negara  dan negara atas dasar prinsip saling menghormati, hubungan negara dengan warga negara bersifat konsultatif (tidak konfrontatif), warga negara mempunyai kewajiban dan hak, dan negara memperlakukan warga negara secara adil, hak dan kebebasan yang sama equal right. Dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat (masyarakat warga negara) diperlukan adanya kesatuan pola pikir, sikap dan tindakan. Bela negara merupakan kewajiban dan hak setiap warga negara. Oleh karena tanggung jawab kelangsungan hidup bangsa dan negara adalah tanggung jawab bersama sebagai bangsa. Falsafah bangsa, pandangan hidup, ideologi, dasar negara, konstitusi, Wasantara dan Tannas merupakan kerangka dasar kehidupan nasional yang hierarkis.
          Pancasila meruakan falsafah, pandangan hidu, ideologi/aham, dan dasar negara yang tercantum dan tak terisahkan dalam UUD 1945. Dalam mencaai tujuan nasional dierlukan teori - teori atau asas - asas yang diyakini kebenarannya sebagai edoman dasar, Wasantara sebagai doktrin dasar dan Tannas sebagai doktrin pelaksanaan. 



Tes Formatif 1

Pilihlah :

A. Jika (1) dan (2) benar
B. Jika (1) dan (3) benar
C. Jika (2) dan (3) benar
D. Jika (1), (2), dan (3) benar
 
1) Ciri - ciri sebuah negara atau prasyarat suatu negara, di antaranya .....D
(1) Adanya pemerintahan yang sah dan berdaulat
(2) Adanya rakyat sebagai warga negara dan bangsa dalam negara
(3) Mempunyai wilayah yang dikuasai sebagai milik bangsa dan negara yang diakui oleh pihak/negara lain

2) Bangsa Indonesia pernah bermusuhan dengan negara. Hal ini terjadi pada saat .....C
(1) Pemerintahan Hindia Belanda
(2) Pemerintahan Majapahit
(3) Pemerintahan Militer Jepang 

3). Pemerintahan ialah suatu unsur aparatur negara. Aparatur negara lainnya adalah .....D
(1) Militer
(2) Lembaga peradilan
(3) Parlemen

4). Bangsa Indonesia terbentuk didasarkan pada .....B
(1) Kesatuan RAS
(2) Kesamaan latar belakang sejarah 
(3) Kesepakatan hidup bersama

5). Si Badu berasal dari Etnis Malanesia di Irian, sebagai warga bangsa Indonesia. Dalam konteks masyarakat Indonesia Si Badu termasuk masyarakat .....C
(1) suku dari Irian
(2) Malanesia
(3) Indonesia





Kegiatan Belajar 2

Makna dan Landasan Hukum Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Upaya sadar
  2. Menyiapkan calon pemimpin
  3. Mempunyai kecintaan, kesetiaan, dan keberanian, membela bangsa dan negara
Dasar sejarah
  1. Upaya pada masa penjajahan
  2. Gerakan yang dimulai pada tahun 1908
  3. Ikrar Pemuda pada 28 Oktober 1928
  4. Semangat pemuda pada masa Jepang
  5. Proklamasi kemerdekaan
  6. Perjuangan pada awal masa kemerdekaan
  7. Pengkhianatan, pemberontakan, dan penyelewengan
Dasar Hukum
UUD 1945 : Pembukaan, Pasal 30 ayat (1), Pasal 31 ayat (1). Skep Bersama Mendikbud - Menhankam NO. 22/U/1973 KEP/B/43/XIII/1967
  1. UU No. 20 tahun 1982 tentang ketentuan - ketentuan Pokok Pertahanan dan Keamanan Negara RI yang disempurnakan dengan UU No. 3 Tahun 2002 tentang UU Pertahanan Negara. Skep bersama Mendikbud - Menhankam No. 001/N/1982/KEP/002/II/1985.
  2. UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang di sempurnakan dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Keputusan Mendiknas No. 232/U/200 tentang Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  4. Keputusan dengan Dikti No. 38/Dikti/Kep/2002. 




Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1). Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi bertujuan .....
A. sebagai Pendidikan Walawa
B. menciptakan wawasan kesadaran berbangsa dan bernegara
C. sebagai pendahuluan Walawa di perguruan tinggi
D. sebagai Pendidikan bela negara di perguruan tinggi

2). Pendidikan Kewarganegaraan dilaksanakan agar mahasiswa memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara dengan .....
A. mengikuti wajib militer
B. menjadi militer sukarelawan
C. bekerja di bidang profesi
D. selalu siap siaga menghadapi ATHG

3). Seandainya Anda menjadi pemimpin perusahaan, Anda mewujudkan bela negara Anda dengan .....
A. mengejar keuntungan perusahaan sehingga kesejahteraan karyawan terjamin  
B. menjadi anggota HIPMI
C. menjadi sponsor kegiatan sosial kelompok mahasiswa tertentu
D. menjadi mitra perguruan tinggi dalam penelitian

4). Pernyataan yang benar menurut UUD ialah .....
A. hak dan kewajiban setiap warga negara
B. bela negara adalah kehormatan warga negara
C. bela negara merupakan keharusan bagi setiap warga negara
D. bela negara merupakan kewajiban yang mutlak bagi bela negara

5). Kaitan Pendidikan Kewarganegaraan dengan aspirasi bangsa Indonesia tentang kemerdekaan yang tercantum pada alenia II dan IV Pembukaan UUD 1945 berarti Pendidikan Kewarganegaraan .....
A. menuntun bagaimana mengisi kemerdekaan melalui pembangunan
B. memberikan landasan dalam melakukan pembangunan
C. meningkatkan Tannas untuk menjamin kemerdekaan dan kelangsungan hidup bangsa
D. memberikan dasar - dasar teoretis dan praktis dalam perjuangan bangsa



Kegiatan Belajar 3

Tujuan dan Ruang Lingkup Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Pendidikan Kewarganegaraan diselenggarakan untuk menumbuhkan kesadaran  bela negara serta kemampuan berpikir secara komrehensif integral.
  2. Untuk mencapai tujuan itu Pendidikan Kewarganegaraan membahas Wasantara, Tannas, politik dan strategi nasional, politik dan strategi pertahanan keamanan, serta sistem pertahanan keamanan rakyat semesta.



Tes Formatif 3

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat ! 

1). Hal berikut meruakan wujud kecintaan kepada tanah air, kecuali .....
A. membanggakan karya bangsa
B. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
C. selalu tinggal di tanah air
D. menolak keuntungan/diberikan oleh pihak yang lain  

2). Hal berikut merupakan perwujudan bela negara .....
A. membuka pameran seni di luar negeri
B. bekerja sama di bidang ekonomi
C. mengejar keuntungan perusahaan
D. terharu mendengar lagu Indonesia Raya di luar negeri

3). Kemampuan berpikir komrehensif integral lebih  bersifat .....
A. holistik
B. sektoral
C. otomatis
D. umum

4) Dalam menerakan pola pemikiran komprehensif integral jika Anda diminta menyelesaikan perselisihan di lingkungan tempat tinggal Anda maka Anda .....
A. menanyakan suku bangsa yang bertengkar
B. berpihak pada yang tua
C. mendengar suara terbanyak
D. mempelajari persoalannya dari berbagai aspek konsepsi

5) Wasantara berkaitan eret dengan sila .....
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima 




Kegiatan Belajar 4

Kaitan Hubungan Materi dengan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Memahami dan mengenal lingkungan hidup bangsa kita tentang diri dan lingkungan hidup bangsa Indonesia serta cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya merupakan syarat dasar untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.
  2. Bangsa Indonesia mempunyai konsep kemampuan (power) yang merupakan derivasi dari Pancasila, yaitu " Tannas". Adalah kewajiban para pemimpin termasuk para mahasiswa sebagai calon pemimpin harus menjawab dan memahami konsep "Tannas".
  3. Kemampuan/kekuatan (power) diwujudkan melalui pembangunan nasional. Kebijaksanaan dan strategi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional diwujudkan dalam bentuk GBHN (sekarang Propenas) oleh MPR setiap tahun. Oleh karena itu, pada hakikatnya GBHN (Propenas) adalah Politik Nasional dan Strategi Nasional.
  4. Cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara dalam kerangka Tannas yang diwujudkan dalam Pembangunan Nasional sesuai dengan arahan GBHN. Sekarang Propenas mutlak disertai dengan kerelaan berkorban untuk membela bangsa dan negara.




Tes Formatif 4

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1). Untuk mengenal Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah dengan segala isinya maka ilmu yang paling tepat dipelajari adalah .....
A. Sejarah Indonesia
B. Geografi Regional Indonesia
C. Sistem Politik Indonesia
D. Kesenian Indonesia

2). Secara historis P. Miangas adalah hak dan milik negara Indonesia. Bagaimana sikap Anda jika pulau tersebut diklaim dan dimanfaatkan oleh negara lain .....
A. membiarkan pulau tersebut dimanfaatkan sumber alamnya oleh bangsa lain
B. membela kepentingan Indonesia dengan melakukan penyerangan terhadap negara yang mengklaim
C. mengambil alih pulau tersebut secara paksa dari bangsa lain yang menguasainya
D. merundingkan secara damai dan didukung oleh fakta yang kuat untuk pengambilalihan pulau tersebut

3). Apabila ada kapal asing menangkap ikan di perairan Indonesia tanpa izin Pemerintah RI bagaimana sikap Anda terhadap kegiatan ini .....
A. membiarkan mereka menangkap ikan yang ada di perairan Indonesia
B. acuh tak acuh terhadap kegiatan mereka di perairan Indonesia
C. dilaporkan kepada yang berwajib untuk ditangkap dan diberikan hukuman sesuai dengan undang - undang yang berlaku
D. melakukan penangkapan ikan secara bersaing 

4).Implementasi dari kesadaran berbangsa dan bernegara di antaranya berikut ini, kecuali .....
A. membela kepentingan bangsa dan negara di forum internasional
B. taat dan melaksanakan peraturan/hukum yang berlaku di negara Indonesia
C. mengelak membayar pajak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia
D. turut serta dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Indonesia

5). Tannas dan Pembangunan Nasional tidak dapat dipisahkan bagaikan satu keping mata uang yang mempunyai dua sisi, ini berarti .....
A. Tannas bagian dari Pembangunan Nasional
B. Pembangunan Nasional bagian dari Tannas
C. berhasilnya Pembangunan Nasional akan menurunkan Tannas
D. Tannas dicapai melalui Pembangunan Nasional


BERIKUTNYA :

- Modul 2 : MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan