Tuesday, September 5, 2017

Modul 7 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia

Modul 7 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia

MKDU4110 - BAHASA INDONESIA



RANGKUMAN

MODUL 7

Membaca Kreatif



Kegiatan Belajar 1

Hakikat Membaca Kreatif

          Membaca ada bermacam - macam, di antaranya membaca nyaring, membaca pemahaman, membaca kritis. Salah satu macam membaca yang juga layak kita pelajari adalah membaca kreatif.
          Dengan membaca kreatif, kita mendapatkan manfaat dari bahan - bahan yang kita baca. Manfaat membaca bisa berupa pengayaan pengetahuan, wawasan, juga manfaat praktis dalam arti hasil baca dapat kita terapkan untuk keperluan hidup sehari - hari.
          Membaca kreatif termasuk membaca tingkat tinggi dan bertujuan ekspresif. Dikatakan bertujuan ekspresif karena kegiatan membaca kreatif tidak berhenti saat pembaca menyelesaikan bacaannya. Namun, kegiatan ini bertindak lanjut, yakni pembaca diharapkan mampu menyusun ringkasan, meresensi, membuat kerangka bacaan, mampu menerapkan hasil bacanya guna memecahkan persoalan dalam kehidupan, dan mampu menulis esai balikan.



Kegiatan Belajar 2

Penerapan Metode Membaca Kreatif

          Bertolak dari ciri membaca kreatif dan kemampuan yang dimiliki pembaca kreatif, penerapan metode membaca kreatif dibahas dalam kegiatan belajar ini. Seorang pembaca disebut sebagai pembaca kreatif jika sesudah kegiatan membaca yang dilakukannya, ia tidak berhenti sampai pada menutup buku atau bahan bacaan lainnya. Namun, sebagai tindak lanjut dan bukti - buktinya adalah ia mampu menarik simpulan atas fakta dari bahan bacaan yang dibacanya dan mampu menindaklanjuti pemikiran penulis bahan bacaan yang sudah dibacanya.
          Menarik simpulan dari fakta yang dibacanya diwujudkan dalam bentuk mampu membuat ringkasan bacaan dan menyusun kerangka bacaan. Kedua kemampuan ini berhasil dikerjakannya karena ia mampu mengidentifikasi ide - ide yang menonjol dalam bahan yang dibacanya. Selanjutnya, melanjutkan pemikiran penulis diwujudkan pembaca kreatif dalam bentuk kemampuan menulis resensi, kemampuan menerapkan hasil bacanya guna pemecahan persoalan dalam konteks hidup sehari - hari, dan kemampuan menulis esai balikan atas esai yang dibacanya.


BERIKUTNYA :

- Modul 8 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia