Tuesday, September 5, 2017

Modul 3 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia

Modul 3 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia

MKDU4110 - BAHASA INDONESIA
Mayang Sari, S.S., M.Hum



RANGKUMAN

MODUL 3

Tulisan Ilmiah




Kegiatan Belajar 1

Bahasa Ilmiah

          Bahasa ilmiah sebagai alat ekspresi dari logika berpikir akan mencerminkan cara berpikir penulis. Bahasa karangan yang kacau menggambarkan kekacauan pikiran penulisnya. Itulah sebabnya, untuk dapat menulis ilmiah dengan tertib dan sistematis, kita harus mengetahui ciri - ciri bahasa ilmiah.
Ada tiga ciri - ciri bahasa ilmiah, yaitu :
  1. Lugas, artinya tidak menimbulkan penafsiran dan makna ganda (ambigu).
  2. Baku, artinya sesuai dengan kaidah tata bahasa baku, bahasa Indonesia, baik dari segi ejaan, pembentukan kata, maupun struktur kalimatnya.
  3. Efektif, artinya mengungkapkan gagasan secara tepat sehingga pembaca dapat memahami gagasan penulis dengan mudah, jelas, dan lengkap.
          Masih ada satu lagi ciri khas bahasa ilmiah, yaitu memakai istilah - istilah khusus yang berlaku untuk satu disiplin ilmu tertentu dan menggunakan notasi ilmiah.



Kegiatan Belajar 2

Notasi Ilmiah

          Notasi ilmiah meliputi teknis penulisan kutipan, catatan kaki dan daftar pustaka. Prinsip mengutip :
  1. Tidak boleh mengubah ( menambah dan mengurangi, bahkan memperbaiki kesalahan ketik ) untuk kutipan langsung.
  2. Jangan memasukkan pendapat pribadi.
  3. Tanggung jawab isi kutipan terletak pada penulis.

          Catatan kaki diperlukan untuk menempatkan catatan referensi dan isi. Catatan tersebut dapat diletakkan di bawah teks ( footnote ) maupun di akhir tulisan ( endnote ). Data yang harus dicatat saat mengutip yaitu sumber kutipan, isi kutipan, dan halaman tempat kutipan.
          Daftar pustaka diperlukan untuk menuliskan sumber - sumber rujukan baik langsung maupun tak langsung. Daftar pustaka ditulis dengan urutan : nama pengarang, judul, seri, dan impresum.
BERIKUTNYA :