MKDU4110 - BAHASA INDONESIA
Dra. Tri Wahyuni
Drs. Zainuddin
Dra. Tri Wahyuni
Drs. Zainuddin
RANGKUMAN
MODUL 2
MODUL 2
Strategi Membaca Efektif
Kegiatan Belajar 1
Metode SQ3R
Metode
SQ3R yang dikembangkan oleh Prof. Francis P. Robinson ini sangat baik
digunakan untuk keperluan studi. Metode SQ3R ini terdiri dari lima
langkah, yaitu : Survey (penelaahan pendahuluan), Question (bertanya), Read (membaca), Recite (mengutarakan kembali), dan Review (mengulang kembali). Kelima langkah tersebut masing - masing mempunyai manfaat yang saling mendukung.
Manfaat secara umum metode ini adalah membantu Anda untuk
mengambil sikap, bahwa buku yang akan Anda baca tersebut sesuai
keperluan/kebutuhan atau tidak. Metode ini bertujuan untuk membekali
Anda dengan suatu pendekatan sistematis terhadap jenis - jenis membaca.
Tujuan tersebut mencerminkan bekal untuk keperluan peningkatan cara
belajar sistematis, efektif, dan efisien.
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Metode SQ3R lebih tepat digunakan untuk .....
A. membaca novel
B. keperluan studi
C. membaca kamus
D. keperluan membeli buku
2). Bagian yang harus Anda baca secara sekilas adalah .....
A. bagian pendahuluan buku
B. bagian isi buku
C. bagian isi buku dan akhir buku
D. bagian pendahuluan, isi, dan akhir buku
3). Bagian pendahuluan buku terdiri atas .....
A. sampul luar
B. sampul luar dan kata pengantar
C. daftar isi dan kata pengantar
D. sampul luar, sampul dalam, kata pengantar, tinjauan buku, daftar isi
4). Indeks buku terdapat dalam bagian .....
A. pendahuluan
B. daftar isi
C. bagian akhir buku
D. bagian isi buku
5). Mengutarakan kembali isi bacaan yang telah Anda baca merupakan langkah .....
A. read
B. question
C. recite
D. review
6). Gambaran umum isi buku dapat Anda peroleh dalam langkah .....
A. survey
B. read
C. recite
D. question
4). Indeks buku terdapat dalam bagian .....
A. pendahuluan
B. daftar isi
C. bagian akhir buku
D. bagian isi buku
5). Mengutarakan kembali isi bacaan yang telah Anda baca merupakan langkah .....
A. read
B. question
C. recite
D. review
6). Gambaran umum isi buku dapat Anda peroleh dalam langkah .....
A. survey
B. read
C. recite
D. question
7). Langkah - langkah SQ3R yang paling tepat adalah .....
A. survey, question, read, review, recite
B. survey, question, read, recite, review
C. survey, question, recite, read, review
D. survey, question, recite, review, read
8). Kegiatan membaca pada langkah ketiga metode SQ3R sebaiknya membaca .....
A. sekilas
B. cepat
C. kritis
D. santai
9). Bila buku yang Anda baca memuat tabel atau grafik, Anda harus memahaminya dengan baik. Pernyataan di atas dapat Anda laksanakan pada langkah .....
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima
10). Salah satu manfaat metode SQ3R adalah dapat membuat pembaca lebih fleksibel, maksudnya pembaca dapat .....
A. survey, question, read, review, recite
B. survey, question, read, recite, review
C. survey, question, recite, read, review
D. survey, question, recite, review, read
8). Kegiatan membaca pada langkah ketiga metode SQ3R sebaiknya membaca .....
A. sekilas
B. cepat
C. kritis
D. santai
9). Bila buku yang Anda baca memuat tabel atau grafik, Anda harus memahaminya dengan baik. Pernyataan di atas dapat Anda laksanakan pada langkah .....
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima
10). Salah satu manfaat metode SQ3R adalah dapat membuat pembaca lebih fleksibel, maksudnya pembaca dapat .....
A. membaca kapan saja
B. menentukan bagian yang perlu dibaca lebih dulu
C. mengenal lebih baik buku yang dibaca
D. mengatur kecepatan membacanyaKegiatan Belajar 2
Membaca Cepat dan Efektif
Kegiatan membaca cepat merupakan suatu kebutuhan. Realita
menuntut kita untuk memiliki kemampuan membaca cepat mengingat begitu
banyaknya informasi melalui berbagai media cetak yang terbit berjuta -
juta eksemplar setiap harinya atau karena kebutuhan penyelesaian tugas
atau lainnya. Membaca cepat pada hakikatnya merupakan kegiatan membaca
yang mengutamakan kecepatan dengan tidak melupakan masalah pemahaman
serta mengatur irama sesuai dengan keadaan bahan yang dibacanya.
Membaca cepat memiliki tujuan antara lain untuk : mengenali
topik bacaan, mengetahui pendapat orang lain (opini) : untuk mendapatkan
bagian penting yang kita perlukan tanpa membaca seluruhnya : mengetahui
organisasi penulisan, urutan ide pokok : dan untuk menyegarkan kembali
apa yang pernah dibaca.
Ada beberapa faktor yang menghambat kecepatan membaca, yaitu
vokalisasi atau membaca dengan bersuara atau bergumam, menggerakkan
bibir atau pada saat membaca, menunjuk dengan jari atau benda lain,
kebiasaan selalu kembali (regresi) ke belakang, dan subvokalisasi atau
melafalkan dalam hati atau pikiran kata - kata yang dibaca.
Ada dua teknik membaca cepat yang dapat digunakan, yaitu Skimming dan Scanning. Skimming adalah upaya untuk mengambil intisari dari suatu bacaan, yaitu ide pokok atau detail penting. Scanning
adalah teknik membaca cepat untuk memperoleh suatu informasi tanpa
membaca yang lain - lain, tetapi langsung pada masalah yang dicari.
BERIKUTNYA :