Tuesday, September 5, 2017

Modul 4 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia

Modul 4 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia

MKDU4110 - BAHASA INDONESIA



RANGKUMAN

MODUL 4

Kalimat Efektif dalam Karangan



Kegiatan Belajar 1

Ejaan yang Disempurnakan

           Ejaan adalah seperangkat aturan atau kaidah pelambangan bunyi bahasa (pemisahan dan penggabungannya), dalam suatu bahasa. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) merupakan " rambu - rambu bahasa tulis " yang harus dipatuhi pemakai bahasa Indonesia.
         Ada lima aspek yang diatur dalam EYD. Kelima aspek itu ialah pemakaian huruf, penulisan huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca. Penulisan huruf mengatur penulisan huruf kapital dan huruf miring. Penulisan kata membicarakan bidang morfologi dengan segala bentuk dan jenisnya, sedangkan pemakaian tanda baca membicarakan teknik penerapan kelima belas tanda baca dalam penulisan dengan kaidahnya masing - masing.



Kegiatan Belajar 2

Pilihan Kata (Diksi)

          Pilihan kata atau diksi pada dasarnya adalah upaya memilih kata yang tepat sesuai dengan ide/gagasan yang ingin kita sampaikan. Kata yang terpilih harus memenuhi kriteria kejelasan, ketepatan, dan kemenarikan. Untuk dapat memilih kata yang tepat diperlukan beberapa persyaratan, yaitu dapat membedakan antara : denotasi dan konotasi, kata - kata abstrak, serta dapat memakai kata penghubung yang berpasangan secara tepat.



Kegiatan Belajar 3

Kalimat

          Kalimat bukan sekedar rangkaian kata - kata, tetapi rangkaian kata - kata yang bermakna. Rangkaian yang mengandung pokok pikiran yang lengkap sebagai pengungkap maksud penuturan. Kalimat sebagai bagian dari ujaran, memiliki struktur minimal atas subjek (S) dan predikat (P), sedangkan unsur kalimat lainnya adalah Objek (O), Keterangan (K), dan Pelengkap (Pel).
          Unsur yang paling utama dalam kalimat adalah predikat. Predikat (P) adalah bagian kalimat yang menyatakan sesuatu tentang subjek (S). Predikat berfungsi memberitahukan melakukan apa, mengapa, berapa, dalam keadaan apa, atau bagaimana S itu.
          Objek (O) dalam kalimat bahasa Indonesia adalah bagian kalimat yang melengkapi apa yang telah dijelaskan predikat.
          Keterangan adalah bagian kalimat yang menerangkan berbagai hal tentang bagian kalimat yang lain. Keterangan (Ket) dalam kalimat bahasa Indonesia dapat berada di awal, di tengah, dan juga di akhir kalimat. Pengisi Ket, umumnya berupa frasa berpreposisi. Berdasarkan maknanya, terdapat bermacam - macam Ket : Ket. tempat, Ket. waktu, Ket. alat, Ket. tujuan, Ket. cara, Ket. penyerta, Ket. simulatif, Ket. penyebaban, dan Ket. kesalingan.
          Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan secara tepat sehingga dapat dipahami oleh pendengarnya. Untuk mencapai keefektifan tersebut, sebuah kalimat harus memenuhi kriteria kesatuan gagasan, kepaduan unsur, keparalelan bentuk, ketepatan makna, kehematan kata, dan kelogisan bahasa.
BERIKUTNYA :