Tuesday, September 5, 2017

MKDU4110 - Bahasa Indonesia

MKDU4110 - Bahasa Indonesia

MKDU4110 - BAHASA INDONESIA



RANGKUMAN

MODUL 1

Hakikat Membaca
Mohamad Yunus, S.S., M.A. 



Kegiatan Belajar 1

Konsep Membaca

          Membaca ialah kegiatan menyerap informasi yang diperoleh dari bahan visual atau tertulis. Aktivitas ini melibatkan informasi visual (mata, tulisan, cahaya) dan informasi nonvisual (pengetahuan tentang bahasa, pengalaman membaca, dan wawasan tentang materi bacaan.
          Informasi visual diserap melalui mata untuk diteruskan pada otak. Otaklah yang menafsirkan dan mengolah apa yang ditangkap oleh mata.
          Membaca bukanlah kegiatan serta merta atau spontan. Otak memiliki keterbatasan untuk mengolah semua informasi visual. Oleh karena itu, pembaca perlu menggunakan informasi nonvisualnya untuk mengurangi beban otak dengan menghindari membaca hal - hal yang tidak penting atau yang tidak diperlukan dalam membaca. Implikasi dari keterbatasan daya tampung dan daya olah otak dalam membaca ialah membaca hendaknya dilakukan secara cepat, selektif, dan menggunakan secara optimal informasi nonvisual yang dimiliki pembaca.



Kegiatan Belajar 2

Strategi Membaca dan Merekam Hasil Baca

          Mitos atau kepercayaan yang salah tentang membaca, strategi membaca, serta kemampuan merekam dan mengorganisasikan hasil baca, adalah faktor - faktor yang menentukan keberhasilan membaca.
          Mitos membaca seperti membaca itu menghafal, sulit dan buang waktu, harus dilakukan terhadap seluruh bacaan secara perlahan dan kata per kata, dan dapat dilakukan asal - asalan, harus dibuang dan diganti dengan pengetahuan dan keyakinan tentang membaca yang lebih baik.
          Sementara itu, pengetahuan dan keterampilan membaca pun perlu terus dilatih agar dapat menjadi pembaca efisien. Dalam membaca, pembaca mahir melakukan kegiatan prabaca dan prediksi, memiliki fokus yang jelas sehingga dapat memantau keterarahan aktivitas membacanya. Bahkan lebih dari itu, ia pun dapat mengecek dan menilai sendiri tingkat pemahaman hasil bacanya. Akan sangat baik, jika keterampilan strategi membaca itu juga ditopang dengan kemampuannya merekam dan mengorganisasikan hasil baca. Untuk keperluan tersebut dapat digunakan teknik kerangka bacaan, pemetaan, dan ringkasan hasil baca.


MODUL BERIKUTNYA :

- Modul 2 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia