MKDU4110 - BAHASA INDONESIA
RANGKUMAN
MODUL 1
Hakikat Membaca
Mohamad Yunus, S.S., M.A.
Kegiatan Belajar 1
Konsep Membaca
Membaca ialah kegiatan menyerap informasi yang diperoleh dari bahan
visual atau tertulis. Aktivitas ini melibatkan informasi visual (mata,
tulisan, cahaya) dan informasi nonvisual (pengetahuan tentang bahasa,
pengalaman membaca, dan wawasan tentang materi bacaan.
Informasi visual diserap melalui mata untuk diteruskan pada
otak. Otaklah yang menafsirkan dan mengolah apa yang ditangkap oleh
mata.
Membaca bukanlah kegiatan serta merta atau spontan. Otak
memiliki keterbatasan untuk mengolah semua informasi visual. Oleh karena
itu, pembaca perlu menggunakan informasi nonvisualnya untuk mengurangi
beban otak dengan menghindari membaca hal - hal yang tidak penting atau
yang tidak diperlukan dalam membaca. Implikasi dari keterbatasan daya
tampung dan daya olah otak dalam membaca ialah membaca hendaknya
dilakukan secara cepat, selektif, dan menggunakan secara optimal
informasi nonvisual yang dimiliki pembaca.
Kegiatan Belajar 2
Strategi Membaca dan Merekam Hasil Baca
Mitos atau kepercayaan yang salah tentang membaca, strategi membaca,
serta kemampuan merekam dan mengorganisasikan hasil baca, adalah faktor -
faktor yang menentukan keberhasilan membaca.
Mitos membaca seperti membaca itu menghafal, sulit dan buang
waktu, harus dilakukan terhadap seluruh bacaan secara perlahan dan kata
per kata, dan dapat dilakukan asal - asalan, harus dibuang dan diganti
dengan pengetahuan dan keyakinan tentang membaca yang lebih baik.
Sementara itu, pengetahuan dan keterampilan membaca pun perlu
terus dilatih agar dapat menjadi pembaca efisien. Dalam membaca, pembaca
mahir melakukan kegiatan prabaca dan prediksi, memiliki fokus yang
jelas sehingga dapat memantau keterarahan aktivitas membacanya. Bahkan
lebih dari itu, ia pun dapat mengecek dan menilai sendiri tingkat
pemahaman hasil bacanya. Akan sangat baik, jika keterampilan strategi
membaca itu juga ditopang dengan kemampuannya merekam dan
mengorganisasikan hasil baca. Untuk keperluan tersebut dapat digunakan
teknik kerangka bacaan, pemetaan, dan ringkasan hasil baca.
MODUL BERIKUTNYA :
- Modul 2 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia
MODUL BERIKUTNYA :
- Modul 2 : MKDU4110 - Bahasa Indonesia