Thursday, August 31, 2017

Modul 9 : MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan

Modul 9 : MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan

MKDU4111 - PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN



RANGKUMAN

MODUL 9

Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia




Kegiatan Belajar 1

Konflik Negara Perang

          Dalam hubungan antarbangsa bertemulah beberapa kepentingan nasional dan dari pertemuan tersebut dijumpai beberapa kemungkinan, yaitu sebagai berikut :
  1. Kepentingan nasional yang sama, sejalan, berbeda, bahkan bertentangan. Apabila tujuan nasional dari bangsa - bangsa tersebut saling berbeda, bahkan saling bertentangan maka dalam usaha mencapai tujuan nasional tersebut dapat timbul persengketaan ( konflik ). 
  2. Perbedaan atau pertentangan kepentingan yang bersifat lebih mendasar yang pada umumnya menyangkut dasar negara bentuk bentuk negara dan tujuan negara, biasanya sulit dipertemukan. Adakalanya persengketaan ini terpaksa harus diselesaikan dengan kekerasan senjata.
  3. Perang sudah dikenal sejak manusia ada dan mungkin tetap ada sepanjang masa. Perang tidak hanya mempunyai peranan negatif, tetapi juga berperan positif.
  4. Kita mengenal adanya beberapa jenis perang, ialah perang dingin, perang terbatas, perang umum, dan perang pembebasan nasional.
  5. Bagi bangsa Indonesia perang adalah jalan yang terakhir, yang hanya ditempuh apabila tak ada lagi cara damai untuk menyelesaikan persengketaan. Bangsa Indonesia cinta perdamaian, tetapi lebih cinta pada kemerdekaan.
  6. Penggunaan saran dan penentuan sasaran dalam perang, adalah berdasarkan penitikberatan pelaksanaan perang, apakah berdasarkan Sissos ataukah berdasarkan kemajuan teknologi mutakhir ( Sistek ).
  7. Kemungkinan - kemungkinan akibat tidak dapat diselesaikannya pertentangan dasar antarbangsa Indonesia dengan bangsa lain, atau antarbangsa Indonesia sendiri dapat mengancam dan membahayakan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
  8. Subversi dan pemberontakan dalam negeri dapat terjadi, apabila suatu golongan dengan mempengaruhi keresahan dan memburuknya keadaan masyarakat, memaksakan kehendaknya kepada golongan lain atau kepada pemerintah dengan jalan kekerasan ( inkonstitusional ).
  9. Invasi dari luar negeri kemungkinan besar tidak akan terjadi karena sulit diterima oleh pendapat dunia kemungkinan akan ditentang oleh PBB.
  10. Mungkin terjadi ialah subversi dari luar negeri karena biayanya relatif lebih murah dan risikonya lebih kecil.
  11. Pola eskalasi ancaman dan kegiatan musuh dapat terjadi karena adanya kerawanan di dalam kebhinekaan bangsa Indonesia. Hal ini dapat menimbulkan ketegangan, dan apabila terjadi ketegangan antarkelompok sosial dapat mengakibatkan bentrokan. Kalau bentrokan ini tidak dapat diatasi maka dapat meningkat menjadi teror bersenjata. Apabila teror bersenjata ini dibiarkan berlarut maka mudah timbulnya pemberontakan. Selanjutnya, apabila pemberontakan ini berhasil maka dapat tergulingnya pemerintahan yang sah dan berdiri negara baru.
  12. Di dalam kegiatan lawan dalam perang terbatas yang berbentuk perang pembebasan nasional terdapat dua persetujuan ialah tahap persiapan dan tahap pelaksanaan.


Tes Formatif 1

Pilihlah :

A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar.
D. Apabila kedua pernyataan salah.

1. Sumber konflik yang berakibat pada peperangan ialah karena adanya pertentangan kepentingan antarbangsa / negara. B
Sebab
Setiap bangsa dan negara mempunyai kepentingan yang ada kalanya sama.

2. Tidak ada kawan dan lawan yang abadi, yang abadi adalah " kepentingan ". B
Sebab
Kepentingan suatu negara bangsa bersumber pada tujuan negara bangsa tersebut.

3. Pertentangan Antar-republik Indonesia dan Pemerintah Hindia Belanda yang diselesaikan dengan jalan Arbitrase oleh Komisi Tiga Negara ( KTN ). B
Sebab
Arbitrase pada hakikatnya mengandung unsur - unsur paksaan, yakni pemaksaan hukum.

4. Uni Soviet dan Amerika Serikat mempunyai kepentingan nasional yang sama sebagai negara Adidaya. C
Sebab
Uni Soviet dan Amerika Serikat sama - sama berambisi menanamkan pengaruhnya di dunia.

5. Pertentangan kepentingan yang bersifat mendasar dapat diselesaikan dengan jalan kekerasan dan tanpa kekerasan. C
Sebab
Kekerasan merupakan satu - satunya cara menyelesaikan pertentangan kepentingan yang bersifat mendasar.


KEMBALI KE ATAS :

- Modul 1 : MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan


BACA MODUL LAINNYA :

- MKDU4221 - Pendidikan Agama Islam