Sunday, August 20, 2017

Modul 8 : MKDU4109 - Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Modul 8 : Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

MKDU4109 - ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR



RANGKUMAN

MODUL 8

Manusia dan Lingkungan




Kegiatan Belajar 1

Manusia dan Lingkungan

          Menurut Syahidin, pembahasan tentang manusia selalu aktual dan tidak akan pernah habis selama manusia berpikir dan sadar akan dirinya. Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang hidup di muka bumi dan memiliki karakter yang paling unik. Keunikannya terletak pada potensi yang diberikan Tuhan berupa akal sehat.
          Lingkungan adalah suatu media di mana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupannya, dan memiliki karakter serta fungsi yang khas yang mana terkait secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya, terutama manusia yang memiliki peranan yang lebih kompleks.
          Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya. Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan alam yang berada di sekitar manusia. Komponen lingkungan alam terdiri dari faktor abiotik ( tanah, air, udara, cuaca dan suhu ) dan faktor biotik ( hewan dan tumbuhan, termasuk manusia ). Lingkungan sosial budaya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pola - pola hubungan sosial serta kaidah pendukungnya yang berlaku dalam suatu lingkungan spesial ( ruang ), yang ruang linkupnya ditentukan oleh berlakunya pola - pola hubungan sosial tersebut ( termasuk perilaku manusia di dalamnya ), dan oleh tingkat rasa integrasi manusia yang berada di dalamnya.
          Manusia sebagai objek lingkungan berarti manusia dikendalikan  oleh lingkungan  manusia tunduk dengan lingkungan karena manusia dikendalikan oleh lingkungan. manusia sebagai subjek lingkungan berarti manusia memiliki kemampuan utuk mengendalika lingkungan. memanipulasi dan mengeksploitasi lingkungan. manusia mampu merombak. memperbaiki dan mengkondisikan lingkungan seperti yang dikehendakinya. 
          dalam perannya sebagai subjek lingkungan. manusia diharapkan mapu melakukan pengelolaan lingkungan. pengelolaan lingkungan adalah upaya terpadu dalam permanfaatan. penataan. pemeliharaan. pengawasan. pengendalian. pemulihan dan pengembangan lingkungan. terutama lingkungan alam. 
          masal yang timbul pada lingkungan yang disebabkan karena interksi manusia dan lingkungan. dipengaruhi oleh tindakan manusia dalam segala aspek kehidupannya dan  pada akhirnya. berdampak pada segala aspek kehidupaan manusia itu sendri. oleh karenanya. dalam interaksi manusia dengan lingkungan. manusia menempati peram sebagai objek dan sunjek lingkungan. manusia memiliki hubungan timbal balik dengan lingkungan. 
          seperti juga manusia dan lingkungan yang memiliki hubungan timbal balik. hubungan yang terbentuk antara lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya juga terjadi dalam pola yang serupa lingkungan. dalam hal ini lingkungan alam. perpengaruh terhadap kondisi sosial budaya siatu masyarakat. kondisi budaya suatu masyarakat juga berpengaruh pada lingkungan alamnya.


Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Banyaknya manusia yang menderita akibat bencana alam Tsunami menunjukkan bahwa hakikatnya manusia dalam kaitannya dengan lingkungan adalah sebagai .....
A. makhluk sosial
B. objek lingkungan
C. subjek lingkungan
D. korban

2. Pola perilaku yang dibentuk oleh sekumpulan penduduk di suatu lingkungan masuk ke dalam komponen .....
A. demografi
B. lingkungan
C. lingkungan sosial budaya
D. ilmu perilaku

3. Media di mana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupannya, dan memiliki dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya, terutama manusia yang memiliki peranan yang lebih kompleks, disebut .....
A. lingkungan alam
B. lingkungan sosial budaya
C. lingkungan
D. masyarakat

4. Norma dan kaidah moral yang mengatur perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam dan kehidupan sosial budayanya, serta nilai dan prinsip moral yang menjiwai perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam dan kehidupan sosial budayanya disebut .....
A. etika lingkungan
B. kebudayaan
C. aturan hidup
D. prinsip lingkungan

5. Manusia disebut makhluk yang unik dikarenakan .....
A. manusia lain daripada makhluk ciptaan Tuhan yang lain
B. manusia seringkali berperilaku unik
C. manusia memiliki kemampuan untuk menguasai dan melestarikan alam
D. manusia memiliki akal sehat dan mampu berpikir dengan akal budi dan ilmu pengetahuannya


Kegiatan Belajar 2

Demografi dan Lingkungan

          Demografi adalah suatu studi  yang mempelajarin tentang besaran. sebaran dan struktur penduduk yang dipengaruhi oleh perostiwa kematian, kelahiran dan megrasi serta perubahan dan imlikasi yang ditimbulkannya. kajian demografi mencakup demografi formal dan demografi sosial. demografi formal adalah studi statistik yang melakukan perhitungan metematika statistik untuk melihat gambaran atas besaran tingkat kematian. kelahiran dan megrasi. sedangkan demografi sosial adalah studi demografi yang melakukan kajian terhadap kelahiran. kematian dan megrasi dikaitkan dengan variabel - variabel lain. misalnya variabel sosial. variabel budaya. variabel ekonomi. variabel politik dan sebagainya. untuk selihat sebab dan akibat dari perubahan yang dirimbulkannya.
          ada 3 variabel demografi. yaitu mortalitas. fertilitas dan migrasi. mortalitas atau kematia dalam demografi adalah peristiwa menghilangnya semua tanda - tanda kehidupan secara permanen. yang dapat ter setiap saat setelah kelahiran hidup. sementara itu kelahiran hidup adalah peristiwa keluarnya hasil konsepsi dari rahim seorang inu secara lengkap. dengan disertai tanda - tanda hidup ( seperti denyut jantung. denyut tali pusar atau gerakan - gerakan otot. tanpa memandang apakah tali pusat sudah dipotong atau belum. dengan demikian. dari definisi ini terlihat bahwa keadaan " mati " hanya dapat terjadi bila sudah terjadi kelahiran hidup. dengan kata lain. kematian tidak akan ada kalau tidak ada kehidupan. pembahasan tentang mortalitas kadang dikaitkan dengan morbiditas. morbiditas diartikan sebagai penyakit atau kesakitan yaitu penyimpangan dari keadaan yang normal. yang biasanya dibatasi pada kesehatan fisik dan mental. penyakit atau kesakitan dapat menimpa manusia lebih dari satu kali dan selanjutnya rangkaian morbiditas ini sering disebut morbiditas kumulatif. Morbiditas kumulatif inila yang pada akhirnya akan menyebabkan kematia.
          Sedangkan fertilitas atau kelahiran adalah terlepasnya bayi dari rahim seorang perempuan dengan adanya tanda - tanda kehidupan. misalnya denyut jantung. bernapas. berteriak dan sebagainya. apabila pada waktu lahir tidak ada tanda - tanda kehidupan. maka peristiwa itu dalam demografi tidak termasuk dalam peristiwa kelahiran ( fertilitas ) kemudian. migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain periode waktu tertentu.
         terdapat hubungan saling mempengaruhi antara lingkungan dengan demografi. dimana selanjutnya. kedua faktor tersebut ( baik lingkungan maupun demografi ) mempengaruhi tingkat kesejahteraan hidup manusia. dengan demikian berbagai upaya yang dilakukan masyarakat / negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia sangat tergantung pada kondisi lingkungan dan demografi dari masyarakat atau negara tersebut. selain tentunya kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya. tersebut. selai tentunya kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya.
          Untuk menyelamatkan lingkung dari berbagai kerusakan dan dampak yang muncul akibat pelaksanaan kegiatan suatu proyek pembangunan dan industri. analisis tersebut meliputi analisis dampak lingkungan dan analisis risiko lingkungan.
           Analisis Dampak lingkungan atau yang bisa disingkat dengan AMDAL. adalah proses studi formal yang digunakan untuk memprediksi dampak lingkungan dari kegiatan pembangunan. studi mengenai analisis dampak lingkungan ini harus dilakukan pada tahap awal perencanaan suatu proyek pembangunan. Hal ini bukan untuk membatasi ruang gerak dari pemilik proyek pembangunan akan tetap justru melindungi mereka dari maslah di masa yang akan datang berkenaan pada dampak hidup banyak. Oleh karenanya. AMDAL merupakan kajian dam besar dan penting terhadap lingkungan hidup. dibuat pada tahap perencanaan. dan digunakan untuk pengambilan keputusan. analisis risiko lingkungan adalah suatu proses sistematis dan transparan dengan mengumpulkan. menganalisis. dan mengevaluasi informasi ilmiah maupun non - ilmiah yang relevan tentang bahaya yang mungkin dapatterjadi pada lingkungan. sebaagai landasan pengambilan keputusan untuk memilih opsi terbaik untuk menanganirisiko tersebut berdasarkan berbagai alternatif yang diidentifikasi.
            analisi dampak lingkungan dan analisis riiko lingkungan harus dilakukan agar kita semua. sebagai objek lingkungan. terhindar dari bahya kerusaka lingkungan. dengan demikian. penting bagi kita. sebagai subjek lingkungan. menjaga perilaku dan tindakan kita dari usaha merusak lingkungan dan terus berupaya melakukan berbagi uasa memperbaiki dan menjaga lingkungan.


Tes Formatif 2

pilihlah satu jawaban yang paling cepat !
 
1. berikut ini adalah yang termasuk dalam variabel demografi. yaitu  .....
A. fertilitas. migrasi. mortalitas

B. fertilitas. migrasi dan morbiditas
C. fertilitas. transmigrasi dan mortalitas
D. fertilitas. transmigrasi dan morbiditas

2. Teori tentang migarasi yang menyatakan bahwa dalam proses pengambilan keputusan untuk bermigrasi seseorang dihadapkan pada 4 faktor yang dipertimbangkan. yaitu faktor yang ada di daerah asal ( +/- ) faktor yang ada di daerah tujuan ( +/ ). faktor pribadi. dan faktor hambatan antara ( misl :biaya. peraturan dan lainnya ). dikemukakan oleh .....
A. Hugo
B. Bogue
C. everett lee
D. ida bagus mantra

3. salah satu faktor lingkungan sosial budaya yang mempengaruhi tingkat kematian bayi adalah .....
A. kualitas air
B. pekerjaan orang tua 
C. penyakit menular 
D. pola pengasuhan bayi

4. berikut ini adalah pola hubungan yang terjadi antara kondisi demografi dengan lingkungan. yaitu .....
A. garis lurus satu arah 
B. garis lurus dua arah 
C. garis putus - putus satu arah 
D. garis putus - putus dua arah 

5. kegiatan analisi terhadap lingkungan yang dilakukan pada wawl / pada saat perencanaan suatu proyek pembangunan utuk tujuan pengambilan keputusan tentang boleh tidaknya suatu proyek dilakukan adalah ..... 
A. analisis risiko lingkung
B. analisis risiko proyek
C.analisis dampak lingkungan 
D. analisis dampak proyek  


BERIKUTNYA :

- Modul 9 : MKDU4109 - Ilmu Sosial dan Budaya Dasar